18 Juli 2012

Cara Membuat Tulisan Berjalan di Blogspot

Beberapa waktu yang lalu, salah seorang rekan Blogger sempat nanyak melalui situs jejaring social Facebook tentang Tulisan Berjalan “Bro… Coba kunjungi blog …., Trs coba lihat di bagian Header blog tersebut, Bagaimana Cara buat tulisan berjalan pada blog seperti itu?”. He..he..Ternyata, masih banyak orang yang membutuhkan tutorial seperti ini. Sebenarnya, banyak blog yang memberikan tutorial tentang cara membuat tulisan berjalan, tapi karena kebanyakan dari blog tersebut menggunakan istilah Efek Marquee untuk tulisan berjalan. Barangkali itu yang membuat sobat-sobat kita yang baru mendalami dunia blog, sulit mendapatkan informasi tentang cara buat tulisan berjalan. Tanpa berbicara panjang lebar , langsung saja ke pointnya.
Tulisan berjalan dalam dunia Blogging sering di sebut dengan istilah Efek Marquee atau Marquee Effect. Efek marquee  merupakan sebuah fitur blog yang menampilkan Tulisan atau Gambar yang bergerak. Pergerakan dari gambar atau tulisan tersebut bisa dari atas ke bawah, kiri ke kanan, atau bisa di buat bergerak sesuai  keinginan. Kode Efek Marquee sering di letakkan pada kolom widget dan Tempat Postingan.

Di bawah ini terdapat delapan kode Effek Marquee, Silahkan sobat pilih salah satu dari kode ini dan sobat letakkan di kolom widget di blog sobat.


Tulisan berjalan lambat
<marquee behavior="scroll" scrolldelay=32 scrollamount=1>Tulisan sobat disini</marquee>

Tulisan berjalan ke atas
<marquee height="30" behavior="scroll" direction="up"> Tulisan sobat disini </marquee>

Tulisan Zig-zag
<marquee behavior="alternate" direction="up" height="50px"><br /> <marquee direction="right"> Tulisan sobat disini </marquee><br /> </marquee>

Tulisan berjalan tetapi berhenti kalau dibayangi cursor
<marquee onMouseOver=this.stop() onMouseOut=this.start()>Tulisan sobat disini </marquee>

Tulisan berjalan ke kanan
<marquee behavior="scroll" direction="right">Tulisan Tulisan sobat disini </marquee>

Tulisan dapat memantul
<marquee width="300" behavior="alternate"> Tulisan sobat disini </marquee>

Tulisan Bouncing around
<marquee behavior="alternate" direction="up" width="200" height="50"><br /> <marquee direction="right" behavior="alternate"> Tulisan sobat disini </marquee><br /> </marquee>

Setelah sobat blogger Copy kode tersebut, jangan lupa, mengganti kalimat "Tulisan sobat disini" dengan kalimat yang sobat blogger inginkan. Terima Kasih atas kunjungannya, dan semoga tutorial blog ini ada manfaatnya.

3 comments

mantab gan... ijin bookmark blognya ya

ohhh ternyata cuma gitu ya gan..
thanks gan ... tambah referansi blogger


EmoticonEmoticon