27 Mei 2013

Tips Sebelum Memposting Artikel




Terkadang kita juga sering melupakan hal-hal yang kecil sehingga menjadi masalah yang besar. Seperti halnya memposting sebuah artikel yang SEO Friendly agar atikel tersebut menjadi naik dan nomor #1 di Search Engine seperti Google. Tips SEO Sebelum Memposting Artikelmerupakan bagian dari Teknik SEO On Page, yang pada dasarnya mengoptimalkan artikel tersebut agar bisa menjadi senjata "Ampuh" dalam menunjang sebuah Blog hingga menjai Nomor #1 di mesin pencari dan tentunya Traffic blog pun akan meningkat. Tips-tips berikut ini merupakan sebagian kecil dari Tips SEO On Page yang sering dilupakan banyak blogger termasuk Saya sendiri :). Baiklah berikut ini sedikit Tips SEO Sebelum Memposting Artikel.

#1 Menggunakan ALT Pada Gambar

Kebanyakan dari kita sering melupakan ini, bahkan saya. Namun perlu diketahui bahwa hal ini juga sangat membantu dalam mendapatkan traffic dari Google. Karena dengan ALT pada gambar para robot crawler mengerti keyword mana yang kita ingin tembak/tujukan. Selain itu jika artikel kita di "Copas" oleh orang lain dan juga ia mengcopasnya secara bulat-bulat tentunya blog kita akan mendapatkan sebuah backlink dari artikel si pengopas tersebut, karena kita sudah meletakkan sebuah Keyword yang menuju blog kita yang terdapat di dalam Alt gambar tersebut.

#2 Title Tag Pada Link Url

Ini juga hal kecil yang dapat menjadi masalah besar, karena kebanyakan dari kita sering melupakan untuk memasang Tag title='Judul Link' pada setiap link-link yang kita pasang di setiap postingan blog. Fungsi Title Tag ini hampir sama juga dengan Alt pada gambar yang dapat menjelaskan tujuan link tersebut kepada para mesin pencari untuk mengcrawler postingan tersebut.

#3 Deskripsi Penelusuran

Nah, pada 'Deskripsi Penelusuran' yang disediakan oleh blogger ini juga bisa dijadikan keyword pada mesin pencari. Saya juga memanfaat fitur ini sebagai keyword pencarian atau kalau di dalam wordpress disebut juga 'incoming search term', yang telah diketahui dapat meningkatkan artikel tersebut agar tepat mengenai sasaran keyword yang dituju.

#4 Tautan Permanen

Salah satu fitur yang diberikan blogger agar kita dapat merubah url postingan yang kita inginkan. Dengan fitur ini kita bisa memanfaatkannya sebagai salah satu cara meningkatkan posisi artikel dengan meletakkan keyword yang pas. Seperti contoh ini :

Url sebelum diedit : http://just4rt.blogspot.com/2013/05/tips-seo-sebelum.html
Url sesudah diedit : http://just4rt.blogspot.com/2013/05/tips-seo-sebelum-memposting-artikel.html

Dan tentunya Url yang kedua lebih SEO Friendly dibanding dengan url pertama yang tidak jelas arah tujuannya. Dengan permalink tersebut, artikel lebih terhubung antara judul dengan urlnya, sehingga mesin pencari lebih mengerti apa tujuan dari postingan tersebut.

#5 Penggunaan Label

Penggunaan label dapat membuat artikel menjadi terlihat rapi, karena artikel tersebut tersimpan sesuai golongannya. Contoh : Cheat 8 Ball Pool tersimpan di Label "Cheat". Penggunaan label ini bertujuan untuk memudahkan pengunjung untuk mencari artikel sesuai tempatnya. Bisa diicontohkan, kita sedang mencari sebuah buku Biologi di perpustakaan tentunya kita akan mencari lemari yang berlabelkan "IPA" (Ilmu Pengetahuan Alam) yang akan menyajikan sejumlah buku-buku tentang Alam dan pastinya terdapat bukuBiologi disana.
Sumber : Just4rt

1 comments so far

hehhe makasih gan dah di share.. :D


EmoticonEmoticon